Highlight

6/random/ticker-posts

Header Ads Widget

sumutonline'

Sukses 100 Persen, Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Desa Sipangko



Tapanuli Selatan, Sumol - Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Desa Sipangko Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (10/06/2024) sukses 100 persen. Seluruh balita, ibu hamil dan calon pengantin yang didata dan didaftar sebelumnya, datang ke Pelayanan Posyandu Plamboyan Sipangko dan mendapat pelayanan sebagai mana mestinya.

Kepala Desa Sipangko Muhammad Azan menyampaikan, saat ini di desa Sipangko ada 95 orang balita, 3 orang ibu hamil dan 3 pasang calon pengantin. Bahkan saat acara berlangsung, terjadi penambahan tamu balita sebanyak 10 orang. Balita tamu ini berasal dari desa lain yang sedang bertamu di Desa Sipangko.

"Sesuai perintah Bupati Tapanuli Selatan Bapak Dolly Parlindungan Pasaribu, semua balita, ibu hamil dan calon pengantin harus mendapat pelayanan di Posyandu, dan itu sudah kita laksanakan dengan baik hari ini." ujar Muhammad Azan Kepala Desa Sipangko didampingi Bidan Desa Ria Pasaribu.



Isak Tangis Haru Iringi Pelepasan 222 JCH Oleh Bupati Tapsel

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Sipangko, Ny. Desriana Muhammad Azan menyampaikan, untuk acara Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Desa Sipangko ini, pihaknya bekerja sama dengan Kader Posyandu memberikan makanan tambahan berupa Susu Kemasan untuk balita, bubur Kacang hijau, Susu Ibu Hamil dan Menyusui serta Jajanan anak anak sebagai tambahan.

"Arahan ibu Ketua TP PKK Tapsel Ibu Ny. Rosalina Dolly Pasaribu kita di Desa Sipangko memberikan makanan dan minuman tambahan yang lebih baik lagi. Seperti Susu untuk ibu hamil dan menyusui kita perbanyak" ujar Ny. Desriana Muhammad Azan Ketua TP PKK Desa Sipangko.

Awal tahun lalu, tedapat dua balita dengan gejala stunting di Desa Sipangko, namun berkat kesiap-siagaan Kader Posyandu, Bidan Desa dan PKK serta Pustu, saat ini sudah tidak ada balita dengan gejala stunting di Desa Sipangko.

"Sudah tidak ada balita stunting di Desa Sipangko. Semuanya sudah kita tangani dengan baik. Berkat kerja sama dengan Pustu, Puskesmas dan Pemerintahan Desa Sipangko." ujar Ria Pasaribu Bidan Desa Sipangko.

Intervensi Pencegahan Sunting di Desa Sipangko ini, dihadiri Camat Angkola Muaratais, Tim Inspektorat Kabupaten, Kepala Desa Sipangko, Pustu/Puskesmas Angkola Muaratais, Babhinsa dan Bhabinkamtibmas serta seluruh anggota PKK dan Kader Posyandu Desa Sipangko. (Fadel Sinaga)