Cantik dan Berprestasi, Mahasiswi Aceh ini Berikan Tipsnya

Aceh~Sumut Online– *Mahasiswi Harus Berprestasi*_ Oleh: Luthfiatul Kamila

Sukses atau tidaknya seorang mahasiswa dalam dunia kampus, biasanya hanya diukur dari sisi akademisnya saja. Cumlaude dengan IPK tertinggi, menjadi lulusan tercepat sekaligus termuda merupakan dambaan setiap mahasiswa.

Namun pada kenyataannya menjadi sukses bagi seorang mahasiswa bukan hanya diukur dari indikator kesuksesan di atas saja. Ada beberapa hal yang mesti perhatikan untuk menjadi mahasiswa sukses di kampus.

Apa saja yang harus diperhatikan oleh seorang mahasiswa untuk dapat meraih kesuksesan di usia muda khususnya di dunia kampus?
Nah, kali ini Saya akan mencoba menyuguhkan beberapa tips yang dapat memberimu pencerahan kepada Teman-teman semua. Terutama buat Kamu-kamu yang ingin memaksimalkan masa kuliah di kampus, mari kita simak bersama!

*1. Aktif di Kelas*

Kebanyakan mahasiswa berfikir bahwa jika ada mahasiswa yang bertanya, berarti ia bodoh. Padahal, tidak seperti demikian. Justru saat kamu bertanya, kamu sedang dalam proses memahami materi yang disampaikan dosenmu.

Ketika dosen memberikan pilihan untuk bertanya atau berbicara mengenai materi perkuliahan, itu saatnya seorang mahasiswa beraksi! Biasakan untuk selalu peduli dengan materi perkuliahan yang diberikan dosen. Berusahalah menjadi seorang mahasiswa yang aktif di kelas, bukannya cari perhatian ke dosen, tapi biasanya dosen selalu hafal dengan mahasiswa yang aktif bertanya.

*2. Ikut Organisasi*

Aktif di organisasi adalah salah satu hal wajib yang dilakukan oleh mahasiswa sukses. Karena, dengan mengikut organisasi, kamu akan memiliki nilai tambah dibandingkan dengan mahasiswa yang cenderung pasif. Bergabunglah minimal dalam dua organisasi selama menjadi mahasiswa, baik di dalam maupun luar kampus.

Dalam organisasi, kamu dapat mengasah kemampuanmu berbicara di depan umum, menyampaikan pendapat, diskusi, mengatasi masalah, serta membentuk karakter pribadimu. Keuntungan lainnya saat mengikuti organisasi adalah kamu akan akan menambah jaringan sebagai ‘aktivis kampus’ dan tentunya akan mendapat banyak teman!

*3. Rajin Eksplorasi*

Mulailah mengeksplorasi bakat yang ada dalam dirimu atau cari minat baru. Ikuti perlombaan dari tingkat lokal hingga nasional di dalam atau luar kampus. Kamu juga bisa datang ke acara seminar atau pelatihan yang sering diselenggarakan kampus.

Seminar dapat membuka wawasanmu, cara berpikirmu, serta memberikan masukan ilmu dan informasi baru yang tidak dapat kamu peroleh saat di ruang kuliah. Jika kamu mau merasakan aktivitas sosial, ikut lembaga sukarelawan bisa menjadi pilihan yang bagus, atau cari tempat magang untuk mempersiapkan mental di dunia kerja.

*4. Buka Buku dan Banyak Membaca!*

Hari gini baca buku? Pasti banyak anak muda yang bilang seperti itu hari ini. Namun sebenarnya, membaca buku merupakan salah satu hal wajib pula bagi mahasiswa sukses.

Membaca berarti membuka jendela informasi yang dapat menghubungkan kita dengan dunia. Efek positif lain dari banyak membaca adalah kamu akan nyambung dengan siapa saja saat mengobrol dengan orang lain. Membaca bikin kamu selalu update!

*5. Manajemen Waktu*

Inilah yang terpenting! Mengatur waktu merupakan hal yang sangat penting saat kuliah. Menjadi mahasiswa sukses berarti berhasil menyeimbangkan kebutuhan jiwa dan raga.

Pikiran maunya begini dan begitu, tapi ketahanan fisik seorang mahasiswa juga harus jadi pertimbangan. Ikuti kegiatan sewajarnya dan jangan lupa bergaul dan bersantai selagi ada waktu.

*6. Jangan lupa berdoa*

Jangan lupa selalu berdoa dan bersamaan dengan rasa yakin dan optimis yang menancap kuat dalam diri kita teruslah melakukan perbaikan dan evaluasi agar hari ini selalu lebih baik dari kemarin.

Mudah mudahan tulisan ini bisa memberikan pencerahan dan kontribusi kepada kita semua yang saat ini masih menjalankan amanah sebagai seorang mahasiswa dan aktivis juga bagi mereka yang ingin menyibukan diri dengan aktivitas organisasi. Semoga opini dan gagasan ini bermanfaat bagi pembaca semuanya dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin,Sekian dan terima kasih. ( _Oleh: Luthfiatul Kamila, Mahasiswi Psikologi UIN Ar-Raniry dan pegiat komunitas Forum Aceh Menulis_red)

Check Also

Dodi Shah, Adik Wagubsu Jadi Tersangka

Medan, SumutOnline– Menyusul penggeledahan yang telah dilakukan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Ditreskrimsus, terhadap PT …