Ajarkan P3K ke Pelajar SMP Papua, Satgas Yonif 121/MK Tunjukkan Kepedulian Pada Masyarakat

Papua~ SumutOnline– Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) merupakan tindakan pertama yang harus segera diberikan kepada korban yang mengalami kecelakaan atau penyakit yang datang secara mendadak dengan cepat dan tepat sebelum korban dibawa ke rumah sakit dan ditangani oleh tim medis. P3K yang dimaksud yaitu memberikan perawatan darurat pada korban, sebelum pertolongan pertama yang lengkap yang diberikan oleh dokter atau petugas kesehatan lainnya. P3K diberikan untuk menyelamatkan korban, meringankan penderitaan korban, mencegah cedera atau penyakit yang parah, mempertahankan daya tahan korban, dan mencarikan pertolangan yang lebih lanjut.

Pengenalan dan pelatihan P3K sangat perlu dilakukan kepada setiap orang untuk menimbulkan rasa kemanusiaan terhadap sesama apabila melihat seseorang yang mengalami kecelakaan dapat segera ditolong sehingga mengurangi angka kematian yang sia-sia. Sehubungan dengan hal tersebut Satgas Yonif 121/MK menyasar ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Keeorm Provinsi Papua untuk memberikan penyuluhan P3K kepada siswa-siswi agar para siswa dapat memberikan pertolongan pertama kepada orang yang membutuhkan.

Bertempat di SMP YPPK Taruna Tegasa Arso Kabupaten Keerom Papua pada Rabu 26 September 2018 Tim Kesehatan Satgas Yonif 121/MK yang dipimpin oleh Letda Ckm dr. Agus Pigur yang sehari-hari bertugas sebagai Dokter Satgas Yonif 121/MK bersama beberapa orang anggotanya memberikan pengenalan dan pelatihan P3K kepada siswa di sekolah tersebut. Kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswa yang kurang lebih berjumlah 100 orang tersebut memberikan materi P3K antara lain : cara pemeriksaan tekanan darah, cara menilai tanda-tanda vital ( pengetahuan detak jantung, nadi, pernafasan, suhu), penangan korban pingsan, pengenalan ambulan serta motivasi menggiatkan kembali PMR (Palang Merah Remaja) di lingkungan sekolah.

Setelah memberikan materi secara teori tim kesehatan juga memberikan materi praktek yang dilakukan dan diperaktekkan sendiri oleh personel Satgas Yonif 121/MK dan selanjutnya memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk melakukan praktek dengan sesama rekannya sendiri.

Kepala Sekolah SMP YPPK Taruna Tegasa Monika Itu, S.Pd mengatakan sangat terbantu dengan adanya kegiatan tersebut yang dilakukan oleh Satgas Yonif 121/MK dimana harapannya para siswa kelak dapat menerapkan kegiatan memberikan pertolongan kepada sesama dimananpun mereka berada.

“Kami dari SMP YPPK Taruna Tegasa mengucapkan terimakasih kepada Satgas Yonif 121/MK yang telah bersedia memberikan penyuluhan P3K kepada siswa-siswi di sekolah kami dimana kami berharap suatu saat kegiatan ini dapat diterapkan oleh siswa-siswi kami dimanapun mereka berada untuk memberikan pertolongan kepada sesama”, tutur Monika.(red)

Check Also

Jenazah Pertama Korban Lion Air Berhasil Teridentifikasi

Jawa Timur~SumutOnline– Pasca jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 Basarnas dan tim berhasil menemukan dan mengidentifikasi …