PC Hikmah Budhi Dan UMC Medan Gelar Jambore dan Aksi Sosial

Medan~ SumutOnline– Pimpinan Cabang organisasi Mahasiswa HIKMAH BUDHI Medan dan UMC (USU Meditation Centre) melaksanakan Jambore Kebangsaan, Jumat- Minggu (17 – 19/08/18) di Taman Bodhi Asri Jalan Bunga Kenanga KM 13,8 Binjai Timur.

Dengan mengusung tema “Merajut Kalyanamitta dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” Jambore yang diikuti oleh mahasiswa dan siswa di Kota Medan ini dibuka dengan penyelenggaraan upacara HUT RI ke – 73.

Jambore berlangsung selama tiga hari. Selama itu, peserta Jambore diberikan bekal tentang pemahaman Ideologi Pancasila yang dibawakan oleh Adi Kurniawan Tenaga Ahli Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Pemerintahan Presiden Jokowi – JK. Kemudian dilanjutkan dengan pemahaman kebangsaan yang dibawakan langsung oleh Sekertaris Jendral PP (Presidium Pusat) HIKMAH BUDHI Anes Dwi Prasetya dan pelatihan public speaking No. 1 di Indonesia Randy Tunggeleng dengan materi motivasi Mental Seorang Juara.

Peserta Jambore juga disuguhkan dengan kegiatan sosial berupa pengabdian kepada masyarakat, dengan menyambangi para penghuni panti jompo di lokasi jambore. Para peserta diberikan kesempatan untuk dekat dan menjalin emosional yang mendalam kepada para orang tua renta dengan melakukan games dan perlombaan 17 Agustusan.

Tak hanya itu, para peserta juga merangkai kegiatan sosial tersebut dengan melakukan meditasi yang dipandu oleh Dosen Agama Buddha USU, Meng Lie Amran . Lalu, setelah itu para peserta diberikan kesempatan melakukan outbond yang menantang guna melepas kepenatan kehidupan sehari – hari dan melepas lelah diselama kegiatan Jambore.

Acara Jambore ditutup dengan ceramah YM. Bhikkhu Aggacitto Thera ditemani oleh Rudiyanto Tanwijaya sebagai moderator. Dalam ceramahnya Bhikkhu Aggacitto menyampaikan tentang pentingnya kalyanamitta (kebersamaan) dan budaya cinta kasih dalam bermasyarakat. Dengan ceramah ini diharapkan peserta mampu meningkatkan rasa kebersamaan, kepekaan sosial, dan cinta kasih dalam berbangsa dan bernegara.(Rel)

Check Also

Satgas Pamtas Yonif 613/RJA Berhasil Gagalkan Penyeludupan Narkoba di Pulau Sebatik

Sebatik~SumutOnline– Maraknya penyeludupan barang haram narkoba ke bumi pertiwi kian hari kian meresahkan, baik Darat, Laut, …